Home » , » Petuah dari Sang Profesor (Pengalamanku yang Sangat Berharga)

Petuah dari Sang Profesor (Pengalamanku yang Sangat Berharga)

Written By Admin Sunday, June 26, 2011 - 7:45 AM WIB | 0 Komentar

Satu pengalaman yang sangat berharga :


Jangan mudah terpengaruh apa yang kau dapat sekarang, karena pujian dan sanjungan adalah racun yang sangat mematikan. banyak orang jatuh dan hancur hanya karena pujian dan sanjungan.


Dalam sejarah Thomas Alfa Edison melakukan percobaan beribu-ribu kali, banyak orang yang memberi saran maupun kririkan pedas, akan tetapi ia tidak pernah sedikitpun menggubris sampai iapun dikatakan sebagai orang yang gila, akan tetapi dibalik kegilaannya itulah membuat dia sukses mencapai target apa yang ia tentukan.


Maka kalau ingin sukses jangan kau bangga sedikitpun, berjalanlah dengan lurus, tegarkanlah dirimu dengan tidak terpengaruh dengan pujian kau dapat.


Dan ingat teman yang baik bukanlah teman yang suka atau sering memuji, akan tetapi teman yang baik adalah teman yang bersikap tulus dan jujur seraya berkenan menunjukkan kekurangan atau kelemahan diri kita, tanpa menyinggung sedikitpun perasaan kita.


Sedangkan teman yang tidak baik adalah teman yang tidak jujur seraya suka membanggakan dan memuji dirinya, sehingga "KEAKUAN" yang tampak pada dirinya. Karena secara psikologi rasa ego itu lebih senang dirinya dipuji daripada memuji orang lain, dan hanya pujian orang tualah yang tulus, selain itu adalah bohong.


Rosulpun pernah berpesan kepada kita


"Apabila ada orang memujimu, maka siramilah dengan pasir"


Artinya tutupilah dirimu dengan kerendahan dan kesalahan yang kau miliki, ibarat biji jagung tidak akan tumbuh dengan baik apabila tidak kau tanam didalam tanah.


Maka ingatlah pada saat engkau disanjung dan timbul kebanggaan sehingga muncul perasaan "Aku" didalam dirimu, maka itulah racun yang sangat berbisa, yang siap melumpuhkan dan menghancurkan sekian lama kebaikan yang engkau bangun pada saat detik itu juga.


itulah oleh-oleh petuah sekaligus pengingat yang diberikan oleh sang profesor kepadaku


Semoga Allah selalu memberikan petunjuk hidayahNya kepada kita semua.. amin



Catatan kelam dari si fakir yang hina


(Bumi kerendahan, 26-06-2011)

Sebarkan:

0 comments :

Post a Comment